Langsung ke konten utama

Biografi Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia Periode 2004 – 2019

  Muhammad Jusuf Kalla merupakan seorang politikus Indonesia yang bergabung dengan Partai Golongan Karya. Dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia selama dua periode. Pria yang populer dengan nama akronim JK ini, menjadi wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhonoyo dalam Kabinet Gotong Royong pada pemilu 2004. Penasaran dengan tokoh politik yang satu ini? berikut kami akan memberikan ulasan tentang biografi Jusuf Kalla. Langsung simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya. Biografi Jusuf Kalla Muhammad Jusuf Kalla lahir di Wattampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada 15 Mei 1942. Dia merupakan anak ke-2 dari 17 bersaudara. Ayahnya bernama Haji Kalla dan ibunya Athirah, seorang pengusaha Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Jusuf Kalla menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar pada 1967. Setelah lulus, JK melanjutkan pendidikan di The European Institut of Business Administration, Perancis (1977). Pad

Biografi Sri Mulyani, Menteri Keuangan yang Masuk dari 100 Wanita Berpengaruh di Dunia

 

Sri Mulyani Indrawati merupakan seorang ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia sejak 2016 sampai sekarang. Tahukah kamu bahwa Sri Mulyani masuk dalam jajaran 100 wanita berpengaruh di dunia pada 2022 versi chord Roman Picisan dan Majalah Vorbes?

Banyak prestasi yang telah diraih Menteri Kuangan di era Jokowi ini, salah satunya pernah diangkat menjadi Direktur Pelaksanan Bank Dunia dengan masa jabatan 2006 sampai 2010 di peringkat ke-47. Penasaran bagaimana sosoknya? Berikut kami akan memberikan informasi tentang biografi Sri Mulyani terlengkap, simak sampai selesai ya.

Profil Sri Mulyani

Melansir dari situs resmi slot deposit dana gelora188 Kementerian Perekonomian, Sri Mulyani Indrawati lahir di Tanjung Karang, Lampung pada 26 Agustus 1962. Ia merupakan anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Orang tuanya bernama Prof. Satmoko dan Prof.Dr. Retno Sriningsih Satmoko.

Diketahui, orang tua ekonom Inodnesia ini merupakan guru besar IKIP Semarang yang kini berganti nama menjadi Universitas Negeri Semarang. Sri Mulyani mengenyam pendidikan dasar dan menengan di kota kelahirannya, atau di SMP N 2 Bandar Lampung, kemudian melanjutkan pendidikan di SMA N 3 Semarang.

Sri Mulyani dipersunting oleh seorang ekonomi bernama Tony Sumartono dan memiliki tiga orang anak.

Setelah lulus dari SMA, Sri Mulyani mendaftarkan diri menjadi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan lulus pada 1986 sebelum mendaki pegunungan yang ada di negara Kazakhstan. Dua tahun berselang, ia melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Amerika Serikat, atau tepatnya di University of IIIinois Urbana Champaign dengan mendapatkan gelar Master of Science of Policy Ekonomics (1990) dan Ph. D of Economics (1992).

Namun, sebelum hijrah ke Negeri Paman Sam itu, ia sempat menjadi asisten pengajar di Fakultas Ekonomi UI di usianya yang saat itu baru 23 tahun. Di Amerika Serikat sendiri, Sri Mulyani pernah menjabat sebagai Asisten Profesor di Univeristy of IIIinois at Urbana.

Perjalanana Karier Sri Mulyani

Karier Sri Mulyani sebelum akhirnya kini menjadi Menteri Kuangan Republik Indonesia terbilang mulus. Dia mengawalinya sebagai satf ahli di Staf Ahli Bidang Analisis Kebijaksanaan OTO-BAPEENAS selama satu tahun (1994).

Pada tahun berikutnya, ia menjadi Anggota Kelompok Kerja General Agreement on Trade in Services (GATS) Departemen Keuangan. Lalu sempat menjadi Dosen Program S1 dan Program Extension FEUI, S2, S3, Magister Manajemen Universitas Indonesia (1998).

Kariernya di kampus Univeritas Indonesia terus menanjak, pada Juni 1998 ia dilantik menjadi Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI).

Namanya kian dikenal tatkala sering tampil di berbagai seminar dan media massa. Pandangan, kritis tajam dan lugas mengantarkannya menjadi penasehat pemerintah bersama pakar ekonomi lainnya di Dewan Ekonomi Nasional (DEN) pada masa pemerintahan Presiden ke-4, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Kemudian, di era pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono, Sri Mulyani diangkat menjadi Menteri Kuangan Indonesia tepatnya pada 2005. Salah satu tindakan pertamanya yang tersohor adalah memecat petugas pajak dan bea cukai yang korup di departemen tersebut.

Kemudian, Sri Mulyani dikenal karena mampu mengatasi korupsi dan memprakarsai refromasi di kantor pajak dan bea cukai Indonesia, dan memiliki reputasi integritas.

Setahun berselang atau pada 2006, ia dinobatkan sebagai Menteri Keuangan  Euromoney oleh Majalah Euromoney. Selama masa jabatannya pada 2007, Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi mencapai 6,6%, tingkat tertinggi sejak krisis keuangan Asia pada 1997.

Sri Mulyani adalah orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan ini diembannya mulai 1 Juni 2010 hingga dia dipanggil kembali oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro.

Pengalaman Kerja

Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI), Juni 1998–Sekarang

Narasumber Sub Tim Perubahan UU Perbankan, Tim Reformasi Hukum – Departemen Kehakiman RI, Agustus 1998 s.d. Maret 1999.

Tim Penyelenggara Konsultan Ahli Badan Pembinaan Hukum Nasional Tahun 1999–2000, Kelompok Kerja Bidang Hukum Bisnis, Menteri Kehakiman Republik Indonesia, 15 Mei 1999–Sekarang

Anggota Tim Asistensi Menteri Keuangan Bidang Keuangan dan Moneter, Departemen Keuangan RI, Juni 1998–sekarang.

Dewan Juri Lomba Karya Ilmiah Remaja LIPI-TVRI XXXI, Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, Kebudayaan dan Kemanusiaan, terhitung 1 April 1999–Sekarang

Redaktur Ahli Majalah bulanan Manajemen Usahawan Indonesia, Agustus 1998–Sekarang

Anggota Komisi Pembimbing mahasiswa S-3 atas nama Sdr. Andrianto Widjaya NRP. 95507 Program Doktor (S-3) Program Studi Ilmu Ekonomi Pertanian, Institute Pertanian Bogor, Juni 1998

Ketua I Bidang Kebijakan Ekonomi Dalam dan Luar Negeri serta Kebijaksanaan Pembangunan, PP Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), 1996–2000

Kepala Program Magister Perencanaan Kebijakan Publik-UI, 1996–Maret 1999

Wakil Kepala Bidang Penelitian LPEM FEUI, Mei 1995–Juni 1998

Wakil Kepala Bidang Pendidikan dan Latihan LPEM FEUI, 1993–Mei 1995

Research Associate, LPEM FEUI, 1992–Sekarang

Pengajar Program S-1 & Program Ekstensi FEUI, S-2, S-3, Magister Manajemen Universitas Indonesia, 1986–Sekarang

Anggota Kelompok Kerja – GATS Departemen Keuangan, RI 1995

Anggota Kelompok Kerja Mobilitas Penduduk Menteri Negara Kependudukan – BKKBN, 1995

Anggota Kelompok Kerja Mobilitas Penduduk, Asisten IV Menteri Negara Kependudukan, BKKBN, Mei–Desember 1995

Staf Ahli Bidang Analisis Kebijaksanaan OTO-BAPPENAS, 1994–1995

Asisten Profesor, University of lllinois at Urbana, Champaign, USA, 1990–1992

Asisten Pengajar Fakultas Ekonomi – Universitas Indonesia, 1985–1986

Demikianlah ulasan tentang biografi Sri Mulyani Terlengkap. Semoga bisa mambantu memperluas wawasan Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Paling Dibenci di Amerika Serikat

  Di setiap negara pasti memiliki perbedaan politik atau keyakinan moral. Namun, kita harus memperlakukan semuanya secara sama sesuai dengan martabat dan hak asasi manusia. Berbeda perihal organisasi yang digeluti tentu saja hal biasa. Namun, beberapa organisasi justru mendorong untuk propaganda jahat atau terlibat dalam perilaku kekerasan. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang organisasi yang paling dibenci di Amerika Serikat karena tujuan berdirinya dianggap menyimpang. Apa saja? berikut ulasannya di bawah ini. 1. Antifa Organiasi paling dibenci di Amerika Serikat yang pertama adalah Antifa. Gerakan sayap kiri ekstremis ini dikenal beberapa tahun belakangan sebagai organisasi atau kumpulan sejumlah kelompok atau individu yang berbeda. Beberapa pendung Antifa fanatic bahkan menyembunyi wajah mereka di balik topeng dan disertai dengan senjata. Mereka juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan online Maudy Effrosina , mulai dari mengawasai kegiatan

Organisasi Mahasiswa Berbasis Islam Terbesar di Indonesia

  Organisasi mahasiswa berbasis Islam terbesar di Indonesia memberikan pengaruh kepada kaum intelektual yang memiliki prinsip idealisme dan kepentingan pribadi. Kita mengetahui bahwa mahasiswa merupakan agen perubadan dan juga sebagai harapan untuk masa depan suatu bangsa dan negara. Pada 1998 menjadi saksi sejarah gemilang perjuangan para mahasiswa dalam memberikan perubahan dan tatanan bangsa Indonesia. Maka dari itu, mahasiswa khususnya yang beragama Islam harus mengetahui apa saja organisasi terbesar di Indonesia yang bisa mereka ikuti. Berikut ulasannya. 1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi keislaman di Indonesia yang dibentuk menjadi wadah bagi mahasiswa Muslim. HMI diprakarsai oleh 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam pada 5 Februaru 1947 dan menjadi salah satu organisasi kemahasiswaan tertua di Indonesia. Sebelum terbentuknya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sudah ada organisasi kemahasiswaan yang bernama Perserikatan Maha