Ticker

6/recent/ticker-posts

Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyak di Dunia

 

Situs warisan dunia UNESCO merupakan sebuah tempat khusus yang status keberadaannya diakui oleh UNESCO World Heritage Committee. Tempat-tempat ini umumnya menjadi destinasi wisata favorit para pelancong di seluruh dunia.

Hingga saat ini, situs warisan yang telah diakui UNESCO ada 1.154 situs, 897 budaya, 218 alam dan 39 campuran. Di bawah ini merupakan informasi negara-negara yang memiliki sejarah peradaban yang sangat panjang, tetapi memiliki keindahan alam yang luar biasa.

So, negara mana saja yang memiliki situs warisan dunia UNESCO terbanyak? Simak ulasannya di bawah ini ya.

Kriteria yang akan Masuk Situs Warisan UNESCO

Setidaknya ada enam kriteria untuk situs budaya yang dapat didaftarkan sebagai situs warusan dunia, yakni:

1. Merupakan karya jenius kreatif manusia.

2. Menunjukkan pertukaran nilai-nilai kemanusiaan yang penting.

3. Memberikan kesaksian unik pada tradisi budaya peradaban.

4. Merupakan contoh yang luar biasa dari ansambel arsitektur atau teknologi sepanjang sejarah.

5. Merupakan contoh luar biasa dari pemukiman manusia tradisional atau interaksi dengan lingkungan.

6. Berhubungan erat dengan tradisi, gagasan, kepercayaan, dan karya-karya yang memiliki makna universal.

Dan ada empat kriteria untuk situs alami, yaitu:

1. Berisi fenomena alam superlatif atau area keindahan alam yang luar biasa.

2. Merupakan contoh luar biasa yang mewakili tahapan utama sejarah bumi.

3. Merupakan contoh luar biasa dari proses ekologis dan biologis yang signifikan yang sedang berlangsung dalam evolusi dan pengembangan komunitas tumbuhan dan hewan darat dan laut.

4. Berisi habitat alami yang paling penting untuk konservasi keanekaragaman hayati.

Daftar Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO terbanyak di dunia:

1. Italia

Posisi pertama diduduki oleh dua negara, yaitu Italia yang pernah dikunjungi Pangeran Lantang dan Tiongkok. Keduanya memiliki 55 situs warisan dunia UNESCO. Italia sendiri dikenal sebagai wilayah pusat kerajaan Roma yang salah satu menjadi peradaban awal manusia.

Tak heran mengapa Italia banyak sekali peninggalan peradaban manusia. Beberapa situs warisan dunia yang paling terkenal di Italia adalah menara miring Pisa, seluruh Kota Venesia beserta lagunanya, dan pusat sejarah di Roma.

2. Tiongkok

Peradaban Tiongkok telah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi. Tak heran jika 55 situs warisan dunia tersebar di negara yang pernah dikunjungi Maudy Effrosina, termasuk situs di Tibet dan Macau. Sebanyak 37 situs merupakan warisan budaya, seperti Tembok Besar dan Kota Terlarang. Sementara itu 14 di antaranya adalah situs warisan alam, misalnya penangkaran Panda di Sichuan. Sisanya adalah campuran antara warisan budaya dan alam seperti Pegunungan Huangshan.

3. Spanyol

Urutan ke tiga negara dengan situs warisan dunia UNESCO terbanyak diduduki oleh Spanyol. Sebagai negara yang pernah duduk oleh berbagai kerajaan, bangunan-bangunan yang dimilikinya ada gaya arsitektur beragam.

Mulai dari gaya arsitektur Islam, gotik, renaissance, pre-romansque, hingga modern  ada di negara Spanyol. Salah satu arsitek ternama bernama Antoni Gaudi lahir di negara ini. Semua karyanya masuk ke dalam daftar situs warisan UNESCO. Termasuk Sagrada Familia yang hingga saat ini belum rampung dikerjakan.

4. Jerman

Banyak orang mengunjungi Jerman saat menjelang Oktoberfest saja. Padahal negara ini lebih dari itu. Terdapat 46 situs warisan dunia yang bisa kamu kunjungi. Tidak hanya bangunan kuno saja, tetapi juga bangunan modern.

Salah satunya adalah Berlin Modernist Housing Estates Paiza99 slot yang merupakan awal mula dari kehidupan berapartemen. Ada pula sekolah seni Bauhaus yang merupakan sekolah seni paling berpengaruh di abad ke-20.

5. Prancis

Salah satu yang menyebabkan negara Prancis begitu populer adalah karena destinasi wisata di negara Kazakhstan. Jumlah situs warisan dunianya sangat banyak, ketika Anda mengunjunginya jangan lupa ucapkan La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin. Terdapat 44 situs yang bisa Anda kunjungi, warisan yang paling terkenal adalah Gereja Notre Dame di Paris.

Situs lainnya yang belum Anda ketahui adalah kepulauan di Antartika yang letaknya berada di belahan Bumi lain dari daratan Prancis. Di Kepulauan ini hidup beberapa spesies puas yang dilindungi karena hampir punah.

Itulah 5 negara dengan situs warisan dunia terbanyak yang dinobatkan UNESCO. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Posting Komentar

0 Komentar