Ticker

6/recent/ticker-posts

Profil dan Biodata Susi Pudjiastuti, Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan


Susi Pudjiastuti adalah seorang politikus dan pengusaha asal Indonesia. Dia dikenal secara luas karena perannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo pada periode 2014-2019. Susi Pudjiastuti lahir pada tanggal 15 Januari 1965 di Pangandaran, Jawa Barat.

Sebelum terjun ke dunia politik, Susi Pudjiastuti telah sukses dalam bisnis perikanan. Dia adalah pendiri dan pemilik dari PT ASI Pudjiastuti Marine Product, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan dan ekspor produk perikanan.

Sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dikenal karena kebijakan-kebijakannya yang berani dalam melawan praktik perikanan ilegal, tidak dilaporkan, dan tidak diatur (illegal, unreported, and unregulated fishing) di perairan Indonesia. Dia juga dikenal dengan kebijakan penghancuran kapal-kapal perikanan ilegal yang ditangkap di perairan Indonesia.

Susi Pudjiastuti mendapatkan berbagai penghargaan atas upayanya dalam pelestarian dan perlindungan sumber daya laut. Setelah masa jabatannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan berakhir, Susi Pudjiastuti tetap aktif dalam berbagai kegiatan konservasi lingkungan dan berbagi pengalaman serta wawasannya di berbagai forum nasional dan internasional.

Biodata Susi Pudjiastuti

Nama lengkap: Susi Pudjiastuti

Tempat tanggal lahir: Pangandaran, Jawa Barat, 15 Januari 1965

Pendidikan:

Sekolah Dasar Negeri Citarum, Pangandaran

SMP Negeri 1 Pangandaran

SMA Negeri 2 Bandung

Karier:

Pendiri dan pemilik PT ASI Pudjiastuti Marine Product (bisnis perikanan)

Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia (2014-2019)

Penghargaan:

Penghargaan Satyalancana Pembangunan dari Presiden Republik Indonesia (2015)

Penghargaan Pahlawan Planet Bumi dari Greenpeace (2016)

Penghargaan Planet Ambassador dari Environmental Investigation Agency (2017)

Penghargaan Champions of the Earth dari PBB (2019)

Aktivitas saat ini: Setelah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti tetap aktif dalam berbagai kegiatan konservasi lingkungan dan berbagi pengalaman serta wawasannya di berbagai forum nasional dan internasional.

Posting Komentar

0 Komentar