Ticker

6/recent/ticker-posts

Organisasi Mahasiswa Berbasis Islam Terbesar di Indonesia

 

Organisasi mahasiswa berbasis Islam terbesar di Indonesia memberikan pengaruh kepada kaum intelektual yang memiliki prinsip idealisme dan kepentingan pribadi. Kita mengetahui bahwa mahasiswa merupakan agen perubadan dan juga sebagai harapan untuk masa depan suatu bangsa dan negara.

Pada 1998 menjadi saksi sejarah gemilang perjuangan para mahasiswa dalam memberikan perubahan dan tatanan bangsa Indonesia. Maka dari itu, mahasiswa khususnya yang beragama Islam harus mengetahui apa saja organisasi terbesar di Indonesia yang bisa mereka ikuti. Berikut ulasannya.

1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)


Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi keislaman di Indonesia yang dibentuk menjadi wadah bagi mahasiswa Muslim. HMI diprakarsai oleh 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam pada 5 Februaru 1947 dan menjadi salah satu organisasi kemahasiswaan tertua di Indonesia.

Sebelum terbentuknya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sudah ada organisasi kemahasiswaan yang bernama Perserikatan Mahasiswa Yogyakarta (PMY) yang beranggotakan tiga Perguruan Tinggi di Yogyakarta, yaitu Sekolah Tinggi Teknik (STT), Sekolah Tinggi Islam (STI), dan Balai Perguruan Tinggi Gajah Mada, akan tetapi pada saat itu PMY dirasa kurang memperhatikan mahasiswa yang menjujung tinggi nilai agama Islam. Hal tersebut menjadi salah satu alasan kuat mahasiswa Islam dalam membentuk organisasi yang terpisah dari Perserikatan Mahasiswa Yogyakarta.

2. Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)


Organisasi kemahasiswaan berbasis Islam berikutnya ada nama Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Organisasi ini merupakan hasil dari peleburan tiga organisasi yang berdiri sebelumnya, yaitu Gerakan Mahasiswa Marhaen sejarah perang saudara di negara Sudan, Gerakan Mahasiswa Merdeka dan Gerakan Mahasiswa Demokrat Indonesia.

GMNI berdiri pada 23 Maret 1954 di Surabaya, Jawa Timur. SM Hadiprobowo sebagai pimpinan dari Gerakan Mahasiswa Demokrat Indonesia dan menjadi orang pertama yang memiliki gagasan untuk tidak menggabungkan organisasi mahasiswa nasionalis.

3. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)


Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) terbesar dengan kuantitas anggota berideologi Ahlusunnah Wal Jama’ah. PMII lahir menjadi sebuah kebutuhan dalam menjawab tantangan zaman bejo88 slot.

Latar belakang munculnya PMII adalah kegelisahan dan hasrat kuat mahasiswa Nahdlatul Ulama untuk mendirikan sebuah organisasi mahasiswa dengan berideologi Ahlusunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) yang sudah berdiri pada tahun 1950-1959.

4. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)


Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) merupakan organisasi mahasiswa islam dan juga sebagai organisasi otonom Muhammadiyah di bidang kegamaan, kemahasiswaan dan kemasyarakatan yang didirikan pada tanggal 14 Maret 1964 di Yogyakarta yang mempelajari ayat seribu dinar. Dengan tujuan tercapainya Akademisi Islam yang Berakhlak Mulia dalam rangka mencapai Tujuan Muhammadiyah.

Pendiri dan pencetus dari organisasi kemahasiswaan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah atau IMM adalah Drs. Moh. Djazman Al-kindi yang juga merupakan koordinator sekaligus ketua pertama Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.

5. Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI)


Organisasi kemahasiswaan yang lahir di era reformasi yakni pada 29 Maret 1998 di kota malang, jawa timur ini, juga merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan Islam terbesar yang ada di Indonesia dan pernah diikuti oleh Margin Wieheerm. Hampir di seluruh dunia terdapat anggota dari organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

KAMMI lahir atas mahasiswa terhadap krisis nasional yang terjadi di Indonesia pada tahun 1998. Terutama pada krisis kepercayaan pada sektor pimpinan aktivis dakwah di seluruh Indonesia. Muncul sebagai kekuatan alternatif mahasiswa dengan basis muslim pada momentum pelaksanaan Forum Silaturrahmi Lembaga Dakwah Kampus (FS-LDK) yang di selenggarakan di Universitas Mohammadiyah Malang.

Itulah organisasi mahasiswa berbasis Islam terbesar di Indonesia yang menjadi referensi untuk mahasiwa ikuti.

Posting Komentar

0 Komentar