Ticker

6/recent/ticker-posts

Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan


Jendral Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto, yang kita kenal sebagai Bapak Pembangunan, lahir pada tanggal 8 Juni 1921, di Yogyakarta. Presiden Soeharto adalah Presiden RI ke-2, menggantikan Presiden RI pertama, Seokarno.


Soeharto lahir dari pasangan Kertosudiro, sang ayah yang berprofesi sebagai petani dan pembantu lurah, serta Sukirah, sang ibu. Namun, kabar kebenaran akan ayah kandung dari Soeharto masih menjadi sebuah pertanyaan besar. Karena beberapa sumber mengatakan bahwa, Soeharto yang pada saat itu berumur 6 tahun dibuang ke desa dan diasuh oleh Kertasudiro.


Soeharto muda pernah bersekolah di Sekolah desa (SD) Puluhan , Godean. Kemudian pindah ke SD Pedes, dikarenakan sang ibu dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah ke Kemusuk, Kidul. Akan tetapi, Kertosudiro memindahkannya ke Wuryantoro, serta dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantra tani.


Hingga akhirnya beliau terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Tengah pada tahun 1941. Dan resmi menjadi anggota TNI pada tanggal 5 Oktober 1945. Pada tanggal 26 Desember 1947, Soeharto resmi melepas masa lajang, dengan menikahi seorang anak pegawai Mangkunegara, yang dilangsungkan di Solo. Istri Soeharto bernama Siti Hartinah.


Dari pernikahannya tersebut, mereka dikarunai 6 putra dan putri. Nama anak Soeharto, yakni Siti Hardiyanti Hastuti, Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Herijadi, Hutomo Mandala Putra dan Siti Hutami Endang Adiningsih.


Perjalanan karir Bapak Pembangunan ini di dunia militer terbilang panjang, begitu juga dengan politiknya. Dimulai dari tentara KNIL berpangkat sersan, dilanjutkan menjadi Komandan PETA, lalu kemudian resimen dengan pangkat Mayor dan Komandan Batalyon berpangkat Letnan Kolonel.


Jendral Besar H. M. Soeharto telah berhasil memimpin pasukannya saat merebut kembali kota Yogyakarta dari tangan Belanda, pada tahun 1949. Selain menjadi pemimpin pasukan, Presiden RI ke-2 ini juga pernah menjadi Pengawal Panglima Besar Sudirman dan pernah juga menjadi Panglima Mandala (masa pembebasan Irian Barat).


Meletusnya G-30-S/PKI, di tanggal 1 Oktober 1965, membuat Soeharto mengambil alih pimpinan Angkatan Darat. Beliau juga dikukuhkan menjadi Pangad, serta ditunjuk sebagai Pangkopkamtib oleh Presiden pertama, Soekarna.


Di bulan Maret 1966, Jenderal Soeharto menerima Surat Perintah 11 Maret dari Presiden Soekarno. Di dalam surat tersebut, Beliau ditugaskan mengembalikan kemanan dan ketertiban serta mengamankan ajaran-ajaran Pemimpin Besar Revolusi Bung Karno.


Akibat pergerakan G-30-S/PKi, membuat situasi politik yang semakin memburuk, dengan segera dilaksanakannya sidang istimewa MPRS pada 1967. Dimana keputusan sidang tersebut menunjuk Bapak Pembangunan ini sebagai Pejabat Presiden.


Kemudian Beliau dikukuhkan menjadi Presiden RI ke-2 pada Maret 1968. Masa jabatan Soeharto dimulai dari 12 Maret 1967 – 21 Mei 1998. Kemudian Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998. Selama menjabat sebagai Presiden RI ke-2, Nama Kabinet Soeharto adalah Kabinet Pembangunan.



Terlepas dari masa jabatannya sebagai orang pertama di Republik Indonesia, dikabarkan Soeharto meninggal pada Minggu, 27 Januari 2006, setelah mendapatkan perawatan selama 24 hari dirumah sakit Pusat Pertamina, Jakarta Selatan.


Beliau meninggal pada pukul 13:10, diusia 87 tahun. Dan Makan Soeharto berlokasi di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah.


Itulah sekilas Biografi Presiden RI ke-2, Soeharto sang Bapak Pembangunan. Kamu juga mendengarkan lagu chord satu rasa cinta yang sangat banyak di putar orang hari-hari ini. Semoga melalui Blog ini bisa menambah informasi yang kamu butuhkan. Sehingga kamu bisa lebih mengenal sosok Presiden RI ke-2 ini. Sampai ketemu di Blog-blog selanjutnya. See you…

Posting Komentar

4 Komentar

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)